Tugas Ilmu Sosial Dasar 8 : Teknologi mengubah Kebudayaan

 Teknologi mengubah Kebudayaan



    Seperti yang kita sadari bahwa sekarang kita sudah memasuki Revolusi Industri 4.0 dan juga sekarang kita sudah memasuki dan menerima hasil dari globalisasi dan kemajuan zaman. Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang banyak anak muda yang terbuai oleh kemajuan zaman ini, banyak anak muda yang menggunakan teknologi secara berlebihan sampai-sampai beberapa dari mereka melupakan "Kebudayaan" mereka sendiri.
    Banyak anak muda yang lebih memilih menggunakan teknologi dan melupakan kebudayaannya seperti banyak anak muda yang lebih bediam diri dirumah sembari bermain game online dibanding bersilaturahmi dengan orang lain, banyak anak muda yang lebih memilih bermain gadget mereka seharian dirumah dibanding bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
    Serta nilai kebudayaan seperti kesenian, cara berkomunikasi serta bahasa yang dilupakan kebanyakan seseorang saat ini yang disebabkan oleh kemajuan teknologi. Banyak masyarakat yang memilih memahami bahasa Inggris dibanding memahami bahasa daerah dan bahasa negara nya sendiri. Memahami bahasa asing memanglah bagus, tetapi memilih memahami bahasa asing dan melupakan bahasa sendiri merupakan hal yang tidak bagus karena itu sama saja melupakan Kebudayaan negeri sendiri.
       Saya berharap bahwa para anak muda termasuk saya sendiri bisa sadar akan pentingnya memahami dan menyadari bahwa terlalu berlebihan menggunakan teknologi dapat membuat kita melupakan beberapa nilai-nilai kebudayaan kita sendiri.

Comments