Tugas Ilmu Sosial Dasar 2 : Permasalahan Sosial

Asalammualaikum Warrahmatullahi Wabaraktuh

    Dalam tugas kedua saya di mata pelajaran Ilmu Sosial Dasar ini saya ingin membahas Permasalahan Sosial yang terjadi dalam masyarakat yaitu "Kesenjangan Sosial".    

    Kita hidup sebagai makhluk sosial yang selalu berhubungan sosial dengan lingkungan sekitar kita, berbagai problema dan masalah sosial pasti akan terjadi di masyarakat. Mulai dari permasalahan sosial di bidang ekonomi,pendidikan maupun lainnya. Permasalahan Sosial yang masih sering terlihat adalah "Kesenjangan Sosial".

Apa itu Kesenjangan Sosial?


    Kesenjangan Sosial adalah suatu keadaan atau kondisi yang tidak seimbang dalam kehidupan sosial masyarakat, baik individu maupun kelompok, dimana terjadi ketidakadilan/ ketidaksetaraan distribusi hal-hal yang dianggap penting dalam suatu masyarakat.
    Permasalahan Sosial yang satu ini masih sering nampak terjadi, kita masih sering melihat di masyarakat bahwa adanya perbedaan drastis dari segi finansial yang mencakup harta, kekayaan barang, dan jasa. Dimana terjadi ketidaksetaraan distribusi yang dianggap menyebabkan Kesenjangan Sosial ini.

Faktor - Faktor Kesenjangan Sosial


    Kesenjangan Sosial dipengaruhi oleh berbagai faktor, contohnya 
1. Faktor Sumber Daya Alam
    Dimana masyarakata yang tinggal dengan SDA yang melimpah akan        lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan dari SDA tersebut, terlebih lagi jika masyarakat di daerah itu dapat mengolahnya dengan baik. Berbeda adengan masyarakat yang tingaal di daerah yang tidak memiliki SDA atau memiliki sedikit sekali SDA yang dimana itu menyulitkan mereka untuk mendapatkan keuntungan karena tidak ada SDA yang bisa dijadikan keuntungan oleh masyarakat didaerah tersebut.

2. Faktor Demografis
    Yang terdiri dari pertumbuhan masyarakat,pendidikan,kesehatan serta lapangan kerjaan, di setiap daerah pasti memiliki Kondisi Demografis yang berbeda yang dapat menyebabkan kesenjangan sosial di satu daerah dengan daerah lainnya, kualitas serta pola pikir satu daerah dengan daerah lainnya pasti berbeda, dan itu dapat menyebabkan kesenjangan sosial dalam Produktivitas serta kreativitas masyarakat saat bekerja.

Pendapat Saya serta Kesimpulan

    Menurut saya, permasalahan sosial yang satu ini sangat sulit untuk diperbaiki karena dari faktor - faktornya yang sangat luas serta dari banyaknya jumlah penduduk di negri ini yang menyebabkan kita sulit untuk memecahkan masalah ini dikarenakan banyaknya jumlah penduduk serta tingakt pendidikan yang berbeda-beda. 
    Walaupun begitu, saya masih berharap dengan pemerintahan kita agar setidaknya bisa mengurangi jumlah kesenjangan sosial ini dengan melakukan perataan persebaran penduduk serta membuat lapangan pekerjaan dan juga mendukung dan memfasilitasi masyarakatnya dengan pendidikan agar setidaknya masyarakat memiliki tingkat pendidikan yang lumayan tinggi agar bisa memiliki kualitas berfikir yang memadai dalam memajukan ekonomi.
    Kesimpulannya, kita pasti pernah melihat adanya kesenjangan sosial dalam lingkungan kita, kita sebagai salah satu anggota masyarakat dapat menyurakan apa yang terjadi dalam lingkungan dsekitar kita, kita bisa menyuarakan tentang kesenjangan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar dan kita tidak boleh membully atau mencela orang yang mungkin kurang beruntung dalam sektor ekonomi serta pendidikan, kita harus membantu mereka serta menyuarakan apa yang terjadi dalam lingkunga kita.

Sekiranya cukup dari saya, saya mohon maaf atas kesalahan pengetikan maupun pemikiran saya, kurang lebihnya mohon dimaafkan, Wasalammualaikum Warrahmatullahi Wabaraktuh


Sumber - Sumber penulisan:


  


Comments