Tugas Ilmu Sosial Dasar 10 : Peran Agama dalam kehidupan masyarakat Indonesia

Peran Agama dalam kehidupan masyarakat Indonesia



    Indonesia memiliki banyak sekali keberagaman didalam masyarakatnya dan keberagaman Agama menjadi salah satu dari hal tersebut. Kita sebagai mausia yang memiliki agama harus bisa menghargai masyarakat lain yang memiliki agama juga seperti kita walau agama mereka tidak sama dengan kita, karena dengan menghargai itulah kita bisa menciptakan kehiduapn agama yang rukun dan aman serta nyaman.
    Dalam menerapkan kehidupan beragama bisa dimulai dalam lingkungan yang terkecil yaitu Lingkungan Keluarga, dalam lingkungan keluarga kita harus menjalankan peran kita sebagai masyarakat yang memliki agama seperti dengan cara; Menjalankan ibadah kita sesuai aturan agama, mengajak anggota keluarga untuk beribadah bersama, mendengar dan menuruti nasihat orangtua mengenai moral dan agama sera menghormati perbedaan pendapat tentang agama dalam lingkungan keluarga.
    Selanjutnya adalah menerapkan kehidupan beragama dalam Lingkungan masyarakat, kita harus menjalankan peran kita seperti; Menghargai teman yang memiliki agama yang berbeda dengan kita, mengajak teman kita untuk beribadah, menghargai ibadah agama sendiri dan agama lain serta membuat lingkungan kehidupan ke agamaan yang nyaman dalam masyarakat.
    Yang terakhir adalah menerapkan kehdupan beragama dalam Lingkungan Berbangsa dan Bernegara, dalah hal ini kita harus lebih menyadari peranan kita sebagai masyarakat yang beragama, kita harus sadar bahwa kita tidak boleh menciptakan gesekan antar penganut agama serta kita juga harus menjaga Integrasi bangsa terutama dalam hal perbedaan agama, kita Harus lebih sadar akan hal itu dan juga kita harus mencegah segala tindakan untuk memecah belah masyarakat terutama dalam jalur perbedaan agama.
    Saya pikir cukup sekian ungkapan serta pendapat saya mengenai peranan kita sebagai masyarakat Indonesia dalam kehidupan beragama, Sekian dan Terimakasih.

Comments