Tugas Ilmu Sosial Dasar 6 : Masyarakat Perkotaan dan Pedesaaan

     Pada materi ke enam ini saya akan membahas mengenai Masyarakat Perkotaan dan Pedesaan, terkadang banyak masyarakt yang memndang bahwa masyarakat perkotaan itu lebih cerdas dan maju dibanding masyarakat pedesaan, yang mana pandangan itu seperti membuat perbedaan derajat dan status sosial di masyarakat.


Pengertian



    Seperti yang kita kethaui, manusia tidak hanya tinggal pada satu tempat saja, ada yang tinggal di perkotaan dan ada juga yang tinggal di pedesaan, tentu lingkungan atau tempat tinggal mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi kenapa kebanyakan masyarakat memiliki pandangan rendah kepada masyarakat yang tinggal di pedesaan?.
    Tentu pandangan mereka itu tercipta karena adanya sugesti bahwa masyarakat pedesaan itu kalah cerdas dibanding masyarakat perkotaan, padahal kenyataannya tidak begitu, kecerdasan individu tidak ditentukan darimana tempat tinggal dia, bahkan orang-orang yang tinggal di perkotaan mungkin bisa kalah cerdas dibanding dengan masyarakat di pedesaan.
    Tentu perbedaan tempat tinggal ini memiliki kelebihan dan kekuranagnnya masing-masing, seperti jika di perkotaan kita dapat mendapatkan akses internet yang mudah yang dapat membuat kita mudah untuk mencari informasi dan juga berkomunikasi dibandingnkan dengam masyarakat di pedesaan. Tetapi walau seperti itu, kita bisa mencari ketenangan di pedesaan, dan juga banyak hasil [ertanian kita yang datang dari pedesaan dan juga kondisi di pedesaan lebih tentram dibanding dengan kondisi di perkotaan.


Pandangan Masyarakat


    Kenyataan di lapangan dengan pandangan masyarakat terkadang jauh berbeda, masyarakt masih memandang bahwa masyarakat di pedesaan itu kraung cerdas jika dibandingkan dengan masyarakat di perkotaan, padahal kenyataannya tidak seperti itu, karena banyak orang-orang sukses yang berasal dari pedesaan.
    Bagaimana cara merubah pandangan masyarakt itu? Jelas kita dan juga pemerintah harus menunjukan bahwa masyarakat pedesaan juga memiliki kecerdasan yang sama dengan masyarakat di perkotaan, mungkin masyarakat di pedesaan memiliki infrastruktur yang tidak selengkap dengan masyarakat di perkotaan, tapi untuk semangat belajar mereka tidak perlu diragukan lagi.

Terjadinya Status Sosial Baru


    Dari pandangan masyarakat itu bisa tercipta status sosial baru jika tidak segera diatasi, dan sekarang status sosialnya bukan algi mengenai pekerjaan tetapi sekarang mulai merambah ke tempat tinggal. Dimana masyarakt yang tinggal di pedesaan dianggap kurang update dibanding dengan masyarakat di perkotaan.
    Untuk masalah itu sebenarnya hanya terkendala di masalah infrastruktur, jika pembangunan infrastruktur merata pasti masyarakat di pedesaan juga bisa memiliki konektivitas yang mumpuni yang dapat membuat mereka sama updatenya dengan masyarakat yang tinggal di perkotaan.
    Jadi, untuk menangani pandangan masyarakt dan khawatir akan tercipta status soial baru, pemerintah diharapkan dapat meratakan pembangunan infrastruktur agar tidak ada yang namanya kesenjangan sosial.

Kesimpulan

    Pemilihan tempat tinggal merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat, bukan hanya soal gengsi tapi lebih mengenai kenyamanan kita sebgaia pemilih tempat tinggal, jika kita selalu mengikuti gengsi maka kita tidak akan berkembang dan selalu akan keteteran dalam mengikuti perkembanagan zaman.
    Jika kita masih ingin bekerja dan masih ingin beraktivitas yang sekiranya berada di lingkungan perkotaan, maka tinggal lah di perkotaan, agar akses kita untuk bekerja juga lebih mudah dan untuk konektivitas kita lebih mudah juga.
    Tetapi jika kita ingin menikmati hidup kita, tinggal lah di pedesaan, karena di pedesaan lingkungannya lebih "nyaman" dibanding dengan di perkotaan yang bising dan penuh polusi. Kesimpulannya adalah, kita sebagai masyarakat tidak boleh memandang rendah para masyarakat yang tinggal di pedesaan dan juga untuk pemerintah diharapkan agar bisa meratakan pembangunan infrasturktur agar terciptanya Keadilan Sosial yang sebenarnya.

Comments