Tugas Ilmu Sosial Dasar 4: Pemuda dan Sosialisasi

 

                Pada tugas ke empat ini saya akan membahas tentang materi Pemuda dan Sosialisasi yang mana saya sendiri sebgaia mahasiswa merupakan golongan pemuda juga dan tentu saja saya sebagai pemuda harus bisa bersosialisasi agar bisa survive dalam masyarakat.


Pengertian


    Sebelum membahas lebih dalam, kita harus tau dulu apa itu Pemuda dan apa itu Sosialisasi. Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam-maam harapan terutama dari generasi lainnya karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi selanjutnya. Dengan kata lain kita sebagai Pemuda memiliki tanggung jawab untuk bisa melanjutkan perjuangan dari nenek moyang kita, apabila kita gagal dalam melanjutkan peruangan itu maka bisa-bisa negara tidak memiliki penerusnya dan identitas serta budaya negri bisa hilang begitu saja.
    Selanjutnya adalah pengertian Sosialisasi, apa itu Sosialisasi? Proses Sosialisasi generasi muda adalah suatu proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk meselaraskan diri di tengah-tengah kehidupan masyarakatnya. Yang berarti kita sebagai pemuda dituntut untuk bisa menselaraskan diri kita didalam kehidupan bermasyarakat, agar kita bisa survive di masyarakat dan bisa menjalankan tujuan kita, yaitu menjadi pemuda yang bisa membanggakan bangsa dan ngeara serta menjadi pemuda yang bisa meneruskan perjuangan para nenek moyang kita.

Masalah Para Pemuda



    Menjadi penerus bangsa merupakan sebuah tugas yang berat bagi para pemuda, karena kita dituntut untuk bisa meneruskan perjuangan nenek moyang kita dan juga dituntut untuk meneruskan ciri khas dari bangsa kita yaitu bangsa Indonesia, dan juga karena sekarang sudah era globalisasi banyak kebudayaan luar yang masuk ke Indonesia dan menginfluence para pemuda. 
    Dan itu merupakan salah satu masalah dari pemuda Indonesia, banyak dari pemuda yang lebih menyukai kebudayaan luar seperti Kpop ataupun Anime dan kebanyakan mereka melupakan kebudayaan mereka sendiri, yaitu kebudayaan Indonesia. Jika para pemuda selalu seperti itu, maka harapan untuk bangsa Indonesia kedepannya akan hancur, dikarenakan sedikitnya para pemuda yang mau meneruskan perjuangan para pahlawan serta nenek moyang kita.
    Maka dari itu, kita sebagai pemuda harus bisa menyaring yang baik dan buruk dari era Globalisasi ini, kita boleh menyukai kebudayaan luar seperti Kpop atau Anime tetapi kita tiddak boleh melupakan kebudayaan kita sendiri, agar kita bisa menjadi generasi pemuda yang sukses untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dan nenek moyang kita.

Potensi

    Tentu di umur yang masih remaja ini kita sebagai pemuda memiliki potensi yang sangat besar dibandingkan dengan para orang tua kita, karena kita masih punya energi dan tenaga yang membara yang dapat kita manfaatkan untuk membantu meneruskan perjuangan para pahlawan dan nenek moyang kita.
    Salah satu potensi yang dimiliki oleh kita sebagai pemuda adalah Kegairahan Semangat dan Daya Pikir Kritis, yang mana Semangat kita sebgai pemuda ini masih sangat membara dan ber api-api yang disebabkan oleh umur kita yang masih tergolong muda, dan juga Daya pikir kita yang kritis yang harus dimanfaatkan untuk bisa memikirikan bagaimana cara untuk meneruskan perjuangan para pahlawan dan juga nenek moyang kita.
    Jika kita bisa memanfaatkan potensi tersebut dengan maksimal maka kita bisa dibilang menjdai generasi pemuda yang sukses untuk membantu perjuangan par pahlawan dan nenek moyang kita dan kta bisa meneruskan ciri khas dan kebudayaan bangsa kita ke generasi selanjutnya dengan berhasil.

Kesimpulan

    Sebagai pemuda yang masih mencari jati diri, kita harus sadar bahwa kita juga sedang memikul beban dan tanggung jawab untuk bisa meneruskan perjuangan para pahlawan dan nenek moyang kita, serta di sisi lainnya kita juga harus bisa menyaring dampak dari era globalisasi ini, kita tidak boleh terbuai begitu saja dengan kebudayaan luar dan melupakan kebudayaan sendiri, dan kita juga harus bisa memaksimalkan potensi diri kita sebagai pemuda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dan nenek moyang kita agar bangsa kita tidak kehilangan identitas dan ciri khasnya.


    

Comments